Searching...
Sunday, June 28, 2015

Macam Jenis Tembakan (Shooting) Dalam Basket

3:47:00 AM
Bermain basket memang sangat mengasyikan dan tidak pernah bosan karena banyak berbagai macam aksi didalamnya, tak sedikit pula pemain yang mengembangkan teknik permainannya sendiri hingga kejenis akrobatik, namun semua kembali kepada teknik dasar itu sendiri. Permainan akslerasi dari pemain sering kali diperlihatkan pada saat menggiring bola, namun tidak sedikit juga yang memperlihatkan kebolehannya melalui cara shooting / jenis shooting dalam mencetak point.

Tahukah Anda, Ada Berapa Jenis Shooting Dasar ?

Pada dasarnya jenis atau macam menembak (Shooting) dalam olahraga basket itu ada 8, namun seiring waktu dan perkembangan saat ini, jenis tembakanpun menjadi beragam dengan mengacu pada 8 Jenis Tembakan Dasar ini. Tak sedikit pemain yang sering mengembangkan dan menciptakan gerakan atau gaya baru baik berupa shooting, passing hingga dribbling yang diberi nama sendiri sebagai tanda dari hasil ciptaannya itu. Bila gaya yang disuguhkan terlihat baik dan memukau dimata pemain lainnya, maka secara otomatis gaya itu mulai dipopulerkan dan menjadi gaya baru yang diminati.

8 Jenis Atau Macam Shooting Dalam Basket

Berikut ini adalah 8 nama gaya shooting dasar diatas yang selalu dikembangkan dari masa ke masa :
  1. Set Shot adalah gaya menembak (shooting) tanpa melakukan lompatan, jenis tembakan ini sangat jarang dilakukan pada saat pertandingan berlangsung, karena tembakan ini sangat sulit dilakukan bila ada pemain yang menghadang untuk melakukan Blocking. Umumnya gaya tembakan ini biasa dipergunakan pada saat terjadi pelanggaran (Foul) yang mengakibatkan Free-Throw atau lemparan bebas.
  2. Jump Shot adalah gaya menembak (shooting) yang dilakukan dengan melompat setinggi - tingginya, dan melepaskan bola pada saat pemain mencapai titik vertikal tertinggi di udara. Jenis tembakan ini juga yang paling sering dilakukan dalam pertandingan, karena efektif untuk menghindari blocking lawan.
  3. Hook Shot adalah jenis tembakan (shooting) yang dilakukan dengan mengait atau mengayunkan bola dengan sedikit tenaga tetapi memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Hook Shot biasa dilakukan dengan awalan membelakangi dan memutari lawan dengan Pivot, atau memasukan lengan ke sela - sela pemain lawan yang sedang melakukan Deffense untuk melakukan shooting.
  4. Lay-Up Shot adalah jenis tembakan (shooting) yang dilakukan dengan memasukan bola kedalam ring yang diawali dengan dribble kecepatan tinggi dan melompat melayang kearah ring sambil memasukan bola tanpa menyentuh ring. dalam beberapa penelitian tembakan jenis ini adalah tembakan yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi dibanding jenis tembakan lainnya.
  5. Reverse Lay-Up Shot adalah jenis tembakan Lay-Up yang dilakukan dengan memanfaatkan ring dan papan pantul untuk melakukan Lay-Up, tembakan ini juga biasa digunakan pada saat pemain memasuki daerah terlarang sambil membelakangi pemain lawan. untuk dapat melakukan tembakan jenis ini, pemain harus memiliki insting akurasi yang tinggi.
  6. Underhand Shot adalah jenis tembakan Lay-Up yang diubah menjadi Hook Shot dengan tujuan menjauhkan bola dari jangkauan Blocking lawan. Tembakan seperti ini sangat efektif digunakan apabila penembak lebih tinggi dari lawan atau lawan telah lebih dulu melompat untuk melakukan Blocking.
  7. Dunk adalah jenis tembakan (shooting) yang merupakan penyempurnaan dari Lay-Up dengan tingkat akurasi 99%, Dunk dilakukan dengan memasukan bola secara langsung kedalam ring tanpa melakukan shooting. Namun Dunk hanya bisa dilakukan oleh pemain yang bertubuh tinggi minimal 180cm dengan tinggi lompatan yang memadaiuntuk melebihi tinggi ring. Dunk dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan beserta gaya bebas diudara pada saat melompat.
  8. Tapping / Tip-In adalah jenis tembakan (shooting) yang memanfaatkan laju bola, atau menyentuh bola dengan menggunakan ujung jari tanpa menggunakan tenaga dan mengarahkannya ke ring. Jenis tembakan ini biasa digunakan pada saat terjadi Rebound atas tembakan yang meleset dari ring.

Itulah " Jenis Atau Macam Shooting Dasar Dalam Olahraga Basket " yang dapat dipaparkan, semoga setelah anda membaca artikel ini dapat menjadikan anda lebih semangat untuk menciptakan jenis - jenis shooting yang belum ada dan menjadi inspirasi untuk itu.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat tentunya.
Terimakasih, ...

0 comments:

Post a Comment

Centang Kotak [Beritahu Saya] Untuk Mengetahui Komentar Balasan, ...