Searching...
Tuesday, June 30, 2015

Macam - Macam Posisi Dan Tugas Pemain Basket

8:20:00 AM
Setiap permainan atau olahraga apapun pasti memiliki posisi dan tugas pemain disetiap lininya, seperti dalam olahraga basket ini ada 5 posisi dan tugas pemain basket. Dalam 1 tim terdapat 5 orang pemain dengan tugas dan fungsi berbeda, sehingga permainan yang disajikan dapat berjalan dengan baik dan mendapat hasil yang maksimal juga.
 
Sebagai tim yang solid, Posisi Dan Tugas Pemain  Basket ini sangatlah penting disetiap lininya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada saat bertanding seperti saling mengandalkan dan bergantung pada rekan satu tim serta melempar tanggungjawab terlebih - lebih apabila tim telah mengalami kekalahan dalam pertandingan.
 

POSISI DAN TUGAS PEMAIN BASKET

Inilah posisi dan tugas pemain basket termasuk dengan tanggungjawabnya dilapangan, baik pada saat latih tanding maupun pertandingan resmi lainnya. Mari simak paparannya dengan cermat dan seksama, dimulai dari :
  1. POINT GUARD (PG) adalah pemain yang mengatur jalannya ritme permainan, atau dapat juga dikatakan sebagai pembuka jalan untuk mencetak point. Keberhasilan sebuah tim dalam mencetak point pada pertandingan tergantung dari cekatan dan telitinya seorang Point Guard (PG) dalam menerapkan strategi, melihat situasi, serta kemampuan yang dimiliki untuk mengumpan bola dengan baik dan terarah hingga bola bisa menuju ring lawan, dalam istilah lain Point Guard (PG) juga sering disebut sebagai Play Maker (PM). Untuk dapat menjadi seorang Point Guard (PG) tidak harus memiliki postur tubuh yang tinggi dan kekar, melainkan poisisi ini hanya cocok diisi oleh pemain yang memiliki pandangan luas dan tajam meski hanya menggunakan pandangan / sudut pandang jauh dilapangan agar dapat melihat rekan - rekan satu timnya untuk mengumpan bola, kemampuan dribble yang baik juga menjadi syarat wajib yang harus dimiliki seorang Point Guard (PG).
  2. SHOOTING GUARD (SG) adalah pemain yang memiliki kemampuan lebih diantara pemain - pemain lainnya didalam tim. Pemain dengan posisi sebagai Shooting Guard (SG) ini harus memiliki kemampuan melakukan shot dengan tingkat akurasi yang tinggi, karena tugas dari seorang pemain dengan posisi sebagai Shooting Guard (SG) ini adalah sebagai pencetak angka / point baik dari area 2 point maupun diluar area 2 point atau lebih dikenal dengan area 3 point. Pemain dengan posisi Shooting Guard (SG) harus pandai melihat celah kosong, dan mampu melakukan shot dalam waktu yang singkat dengan tingkat akurasi yang tinggi, dan hal ini merupakan kemampuan spesialis dari Shooting Guard (SG) dalam istilah lain posisi ini juga sering disebut sebagai 3 Pointer.
  3. SMALL FORWARD (SF) adalah Pemain yang mampu menerobos pertahanan lawan melalui kemampuan Agility atau Dribblenya, pemain dengan posisi ini juga harus mampu melakukan Lay-Up Shot dengan baik, dan menguasai area 2 point shot untuk melakukan shot. Pemain dengan posisi ini harus mampu melakukan shot dari arah manapun diarea 2 point shot. Pemain dengan posisi Small Forward (SF) sangat cocok diisi oleh pemain yang memiliki postur tubuh dengan tinggi dan berat badan yang ideal, namun dapat bergerak dengan lincah dilapangan serta mampu melakukan akselerasi shot atau berbagai macam teknik shot.
  4. POWER FORWARD (PF) adalah pemain yang memiliki keunggulan atau spesialis melompat paling tinggi diantara rekan satu timnya. Salah satu tugas dari seorang  Power Forward (PF) adalah pertempuran diudara untuk melakukan rebound sewaktu shot yang dilakukan oleh Shooting Guard (SG) / Small Forward (SF) meleset. Pemain dengan posisi ini harus mampu menentukan timming (waktu yang tepat) untuk melakukan rebound, Power Forward (PF) juga sangat cocok diisi oleh pemain yang bertubuh tinggi serta memiliki keseimbangan yang baik untuk mempertahankan posisi reboundnya.
  5. CENTER (C) adalah pemain yang paling sering melakukan Dunk sewaktu terjadi rebound tepat dibawah ring lawan, pemain ini bertugas mempertahankan daerah Def / No Charge Area yang berada tepat dibawah ring. Pemain dengan posisi ini sangat cocok diisi oleh pemain yang bertubuh tinggi dan kuat untuk beradu otot pada saat akan melakukan rebound dan dunk diarea No Charge. Pemain dengan posisi ini juga haruslah cekatan melihat posisi rekan yang kosong untuk mengumpan dengan cepat pada saat selesai melakukan rebound dan melakukan serangan balik.

Itulah paparan tentang " Macam - Macam Posisi Dan Tugas Pemain Basket " yang dapat dipaparkan. Semoga dengan mengetahui posisi dan tugas dari tiap - tiap posisi tentu akan menjadikan pemain lebih bersemangat dalam bermain serta bertanggungjawab atas perannya sendiri.
 
Semoga dapat membantu dan bermanfaat tentunya.
Terimakasih, ...

0 comments:

Post a Comment

Centang Kotak [Beritahu Saya] Untuk Mengetahui Komentar Balasan, ...