Searching...
Friday, June 26, 2015

Sejarah Permainan Bola Basket

6:18:00 PM
Jangan pernah mengaku sebagai maniak Basket, jika Asal - Usul atau Sejarah Permainan Bola Basket saja tidak Anda ketahui, ...
Bola Basket, salah satu olahraga yang banyak digemari oleh berbagai kalangan diberbagai belahan dunia. Basket adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim dengan beranggotakan 5 pemain disetiap timnya, dan meraih tujuan dengan mencetak point sebanyak - banyaknya melalui cara memasukan bola kedalam keranjang lawan yang saat ini sering disebut sebagai Ring Basket.

Permainan Bola Basket ini sering dianggap memiliki asal - usul yang unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga asal Kanada Dr. James Naismith Pada Tahun 1891. Yang mengajar disalah satu Perguruan Tinggi untuk siswa profesional di YMCA. Berawal Dari tuntutan kelas yang mengharuskan siswa berolahraga didalam ruangan tertutup untuk mengisi waktu belajarnya, maka Dr. James Naismith berusaha menciptakan permainannya sendiri yang dapat dimainkan meski didalam ruangan tertutup. Basket sendiri Dr. James Naishsmith ciptakan terinspirasi oleh permainan masa kecilnya dulu, namun permainan itu dikembangkan dengan hal - hal baru seperti menempelkan ring kedinding dan membuat aturan - aturan permainan lainnya agar tidak menjadi permainan yang keras dan cocok untuk dimainkan oleh para siswa. Setelah membuat konsep permainannya Dr. James Naismith mulai menguji coba permainan ciptaannya dengan para siswa dan berkembang pesat serta banyak diminati pada saat itu, yang sekarang dikenal dengan permainan / olahraga bola basket.

Perkembangan Olahraga Bola Basket Dunia

 

Pencipta Permainan Bola Basket : www.g-zone.ml
Dr. James Naismith

Pertandingan Resmi Bola Basket pertama diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 ditempat kerjanya Dr. James Naismith sendiri, sedangkan istilah atau nama Basket itu sendiri diambil dari ucapan yang sering terlontar dari salah satu muridnya sewaktu memainkan permainan itu dengan riang gembira.

Basket pertama kali berkembang di Negara Amerika Serikat, pada awalnya dalam permainan Bola Basket tidak diperbolehkan melakukan Dribble atau menggiring bola, sehingga bola berpindah tangan melalui lemparan antar pemain. Jumlah 1 Tim terdiri dari 9 Orang dengan 13 Dasar Peraturan yang dibuat Oleh Dr. James Naismith sendiri.

Basket kian mewabah didunia dan mulai dipertandingkan secara Nasional maupun Internasional, seiring bergulirnya waktu dan perkembangan zaman, dan bertambahnya peminat basket itu sendiri, peraturan permainan bola basket berubah sesuai induk organisasi yang menaungi olahraga itu sendiri seperti di Negara Indonesia adalah PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

Perkembangan Bola Basket Di Indonesia

Perkembangan basket di Indonesia mulai berkembang dan mulai banyak digemari pada saat munculnya Atlet asal Indonesia Liem Tjien Siong yang kemudian dikenal sebagai Sony Hendrawan. Pada Tahun 1967 Sony Hendrawan terpilih sebagai Pemain Terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan. Pada saat itu Indonesia menduduki Peringkat Ke-4 dibawah Filipina, Korea Dan Jepang.

Pada Tahun 1948 Indonesia menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-1 yang digelar di Solo, bola basket sudah dipertandingkan dalam kejuaraan ini, dan 3 Tahun kemudian Maladi sebagai Sekertaris KOI (Komite Olimpiade Indonesia) yang kemudian menjadi Menteri Olahraga dan meminta Tony Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi basket yang kemudian berkembang menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) pada tahun 1955.

Itulah " Sejarah Singkat atau Asal - Usul Olahraga Bola Basket, dan Perkembangannya Memasuki Negara Indonesia " yang dapat dipaparkan.

Semoga dapat bermanfaat, dan lebih meningkatkan semangat bermain Bola Basket tentunya, ...
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

Centang Kotak [Beritahu Saya] Untuk Mengetahui Komentar Balasan, ...