Searching...
Wednesday, March 16, 2016

Peraturan Pertandingan Dan Ukuran Lapangan Olahraga Bola Voli

1:57:00 AM
Setiap cabang olahraga tentu memiliki ciri khas, aturan termasuk ukuran panjang dan lebar lapangan, termasuk cabang olahraga voli tentunya. Dalam pembahasan kali ini G-Zone akan membahas tentang " Peraturan Pertandingan Olahraga Voli, Beserta Ukuran Lapangan Bola Voli " yang wajib diketahui oleh Atlet olahraga voli.

Olahraga bola voli atau dikenal dengan nama Volley Ball, ialah permainan yang dimainkan oleh 2 tim yang saling berhadapan dimana setiap tim beranggotakan 6 pemain. Berikut ini adalah Peraturan Dasar Pertandingan Bola Voli :

1. Setiap tim terdiri dari 10 orang pemain, yang mana 6 pemain inti atau yang berada dilapangan dan 4 pemain lainnya berada dibangku cadangan dengan posisi sebagai pemain pengganti.

2. Pergantian pemain boleh dilakukan disepanjang permainan atau selama pertandingan berlangsung.

3.  Jumlah pemain minimum yang berada dilapangan adalah 4 orang.

4. Pertandingan terdiri dari 3 babak, terkecuali salah satu tim memenangkan pertandingan secara berturut dalam 2 babak sekaligus.

5. Sistem perolehan point bersifat Rally Point, dengan maximal jumlah point sebanyak 25 (Terkecuali point kedua tim imbang 24 - 24 maka akan diberikan total tambahan 2 Point disetiap nilai imbang diakhir nilai maksimal). Sebagai contoh ketika kedudukan point 24 - 24 maka pertandingan berakhir ketika salah satu tim memperoleh point 26.

6. Point diperoleh apabila bola jatuh kelantai (Lapangan) atau tidak melewati wilayah tim lawan dalam 3 kali sentuhan (Passing maupun Smash).

7. Pemain dilarang menangkap bola baik diudara maupun dilapangan dengan tujuan apapun selama bola belum dinyatakan mati.

8. Tidak ada Throw In (Lemparan Kedalam), Free Throw (Penalty) dalam permainan ini, sewaktu bola meninggalkan lapangan, maka secara otomatis point menjadi milik tim lawan dan secara otomatis juga bola berpindah tangan (Rally Point).
9. Pemain diperbolehkan melakukan Passing sebanyak maksimal 2 kali dan pada passing ke-3 bola harus melewati net / wilayah tim lawan.

10. Pemain dilarang menyentuh net dalam kondisi apapun selama pertandingan berlangsung.

11. Pemain diharuskan melakukan putaran pemain  / Roll Player setiap kali terjadi Rally Point atau perpindahan bola.

12. Pemain dilarang melewati garis tengah / net.

13. Pemain diperbolehkan sesekali melakukan passing dengan menggunakan kaki (dalam posisi terdesak) dan tidak diperbolehkan melakukannya berkali kali, dalam hal ini sepenuhnya menjadi keputusan wasit pertandingan.

Itulah sekilas tentang " Aturan Dasar Dalam Permainan Olahraga Bola Voli ".

Selanjutnya kita akan membahas Ukuran Lapangan Bola Voli yang berbentuk persegi panjang ini, berikut ini adalah Gambar Lapangan Olahraga Bola Voli :


Keterangan :
  • Panjang Lapangan : 18 meter
  • Lebar Lapangan : 9 meter
  • Wilayah / Garis Serang : 3 meter (Dari Lebar Lapangan 9 meter)
  • Lebar Garis Tepi Lapangan : 5 cm
  • Tinggi Net untuk Putera : 2,43 meter
  • Tinggi Net untuk Puteri : 2,24 meter

Demikian paparan tentang " Peraturan Pertandingan Dan Ukuran Lapangan Olahraga Bola Voli " yang dapat dipaparkan.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat tentunya.
Terimakasih, ...

0 comments:

Post a Comment

Centang Kotak [Beritahu Saya] Untuk Mengetahui Komentar Balasan, ...