Searching...
Thursday, July 9, 2015

Pelanggaran / Foul Terbaru Dalam Olahraga Basket

5:05:00 AM
Olahraga bola basket memang lain daripada yang lain, dimana setiap pemain dituntut untuk memahami setiap istilah, termasuk posisi yang diatur dalam sebuah Silinder Pemain. Namun tidak sedikit orang yang mengaku sebagai penggemar atau pencinta olahraga basket tetapi tidak memahami Peraturan Dasar Dalam Bermain Bola Basket. Pada awalnya peraturan yang diberlakukan dalam bola basket adalah 13 Peraturan Dasar yang dibuat oleh sang penemu / pencipta basket Dr. James Naismith, namun seiring perkembangan zaman peraturan dalam olahraga basketpun bertambah dan kian disempurnakan. 

Lantas ada berapa peraturan terbaru dalam olahraga bola basket ???
Pada dasarnya aturan itu sendiri diterapkan sesuai dengan induk organisasi cabang olahraga itu sendiri seperti NBA / FIBA, seperti di tahun 2015 ini peraturan olahraga basket bertambah menjadi 18, mari disimak 18 peraturan terbaru tersebut.

18 Aturan Pelanggaran / Foul Terbaru Dalam Olahraga Bola Basket

  1. Foul adalah pelanggaran yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja, atau dapat juga dikatakan sebagai tindakan diluar aturan yang ditetapkan dalam pertandingan.
  2. Technical Foul adalah pelanggaran yang dilakukan secara teknis, seperti tidak menghormati keputusan wasit pertandingan, berkata kasar disepanjang pertandingan, melecehkan / merendahkan pemain lain.
  3. Personal Foul adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain kepada pemain lawan, dalam hal ini personal foul diberlakukan maximal sebanyak 4 kali, dan pada foul ke-5 pemain dikenakan sanksi foul out.
  4. Team Foul adalah pelanggaran yang dilakukan karena dalam satu tim (para pemain) telah melakukan foul dengan jumlah total 5 kali disetiap ouarternya. Dan dalam hal ini 1 team foul = 1 free-throw bagi tim lawan.
  5. Foul Out adalah sanksi yang diberikan wasit karena seorang pemain telah melakukan foul / personal foul sebanyak 5 kali, atau 2 kali technical foul. Dalam hal ini pemain harus meninggalkan lapangan dan tidak dapat digantikan.
  6. Offensive Foul adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain saat melakukan penyerangan dengan menerobos silinder pemain bertahan lawan yang melakukan deffen dan berada dalam posisi penjagaan yang sah.
  7. Deffensive Foul adalah pelanggaran yang dilakukan saat seorang pemain melakukan penjagaan kepada pemain lawan, namun tidak berada dalam posisi penjagaan yang sah atau keluar dari silindernya.
  8. Blocking Foul adalah pelanggaran yang dilakukan saat seorang pemain bertahan melakukan penjegalan / blocking namun tidak berada dalam silinder untuk blocking (keluar dari silinder) / melakukan blocking yang meleset sehingga menimbulkan kontak fisik seperti blocking yang mengenai wajah pemain lawan.
  9. Double Dribble adalah pelanggaran yang dilakukan karena seorang pemain melakukan dribble ganda / melakukan dribble kembali saat bola dalam keadaan mati (harus diumpan ke pemain lain, harus melakukan shot ke ring lawan). Bola dinyatakan mati apabila bola dipegang dengan kedua tangan, dan dalam hal ini pemain hanya diperbolehkan melakukan 2 langkah yang kemudian harus melepas bola.
  10. Travelling adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain karena melangkah lebih dari 2 langkah tanpa mendribble bola.
  11. Jumping adalah pelanggaran yang dilakukan karena seorang pemain melakukan lompatan / melompat dan mendarat kembali dalam keadaan sambil membawa / memegang bola.
  12. Back Ball adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain karena membawa / mengumpan bola kembali kedaerah deffense, dimana bola telah berada dalam keadaan (melewati garis tengah lapangan) / berada dalam daerah deffense lawan.
  13. Pushing adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain karena melakukan kontak fisik terhadap pemain lawan (mendorong, memukul, menjegal) hingga lawan terjatuh atau bisa mengakibatkan lawan mengalami cidera.
  14. 3 Second Violation adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain Karena berada dalam daerah free-throw selama 3 detik tanpa berpindah tempat.
  15. Offensive 3 Second adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain karena berdiam diri didaerah deffense lawan selama 3 detik tanpa melakukan dribble bola / atau tanpa berinpah tempat.
  16. Deffensive 3 Second adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain bertahan karena berada di daerah no charge / tepat dibawah ring selama 3 detik tanpa berpindah tempat.
  17. 8 Second Violation adalah pelanggaran yang dilakukan seorang pemain karena berada didaerah bertahannya sendiri selama 8 detik sewaktu rekan se-timnya melakukan offense / penyerangan.
  18. 24 Second Violation adalah pelanggaran yang dilakukan karena bola tidak dilempar (shot) kearah ring lawan / bola tidak berpindah tangan ke tim lawan dalam 24 detik. Dalam hal ini diberikan throw-in untuk tim lawan.

Itulah paparan tentang " 18 Jenis / Macam Pelanggaran Olahraga Bola Basket Terbaru " yang saya ketahui, namun jangan merasa puas dengan informasi yang disampaikan diatas, tetap gali informasi ter-update dalam dunia olahraga.

Demikian, semoga dapat membantu dan bermanfaat tentunya.
Terimakasih, ...

0 comments:

Post a Comment

Centang Kotak [Beritahu Saya] Untuk Mengetahui Komentar Balasan, ...