Searching...
Sunday, July 12, 2015

Teknik Dasar Dalam Olahraga Bola Basket

6:29:00 AM
Bermain olahraga bola basket sebenarnya dapat dikatakan gampang - gampang susah, karena ada berbagai macam ketentuan dan peraturan yang harus benar - benar dipahami dengan teliti. Tidak sedikit orang yang salah mengartikan aturan / hal yang menjadi pelanggaran dalam olahraga bola basket. Olahraga bola basket ini dimainkan oleh 2 Tim dimana masing - masing tim terdiri dari 5 pemain inti dan 5 pemain cadangan pada umumnya, terdapat 4 Quarter (babak) yang berdurasi setiap quarternya selama 10 menit ditambah istirahat 5 menit disetiap pergantian quarter. Olahraga bola basket ini juga memperbolehkan adanya Time-Out selama 2 menit disetiap quarternya yang biasa digunakan pelatih untuk merubah strategi permainan.

Namun sebelum membahas itu semua, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu tentang hal mendasar dalam olahraga bola basket ini :

Teknik Dasar Dalam Olahraga Bola Basket

Dalam olahraga bola basket ini terdapat 3 Teknik Dasar yang wajib dimiliki oleh setiap pemain baik itu pemain biasa apalagi profesional. 3 teknik dasar tersebut adalah Passing (Mengumpan Bola), Dribbling (Menggiring Bola) dan Shooting (Melempar Bola). Agar lebih mudah untuk dipahami mari kita simak satu persatu dari 3 Teknik Dasar tersebut, dimulai dari :
  1. Passing (Mengumpan Bola)

    Hal pertama yang paling mudah dikuasai dari 3 Teknik Dasar dalam olahraga bola basket ini adalah Passing. Passing adalah memberikan / mengumpan bola kepada rekan satu tim dengan tujuan mempertahankan bola dari hadangan lawan maupun untuk mencetak angka dalam permainan. Passing sendiri terbagi menjadi 3 Passing Dasar yaitu :
    • Passing Bawah (Bounce Pass)

      Adalah passing yang dilakukan dengan memantulkan bola kelapangan dengan arah penerimaan setinggi pinggang / dada. Passing ini sangat efektif dan biasa digunakan dalam setiap pertandingan untuk menghadapi lawan yang memiliki postur tubuh lebih tinggi, karena kesulitan untuk meraih bola bawah / rendah. Passing ini juga memiliki keunggulan tersendiri yaitu kecepatan laju bola karena pantulan sehingga sulit untuk dipotong, dicuri, maupun ditebak.
    • Passing Dada (Chest Pass)

      Adalah passing yang dilakukan dengan pemberian arah bola sejajar antara pengumpan bola dengan penerima bola. Passing ini sangat sering kali digunakan sewaktu Throw-In, jarak menengah, maupun pada saat terjadi serangan balik. Passing ini juga memiliki keunggulan tersendiri yaitu mudah diterima / ditangkap sehingga passing ini menjadi passing yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi dibanding passing bawah / bounce pass maupun passing atas / overhead pass.
    • Passing Atas (Overhead Pass)

      Adalah passing yang dilakukan dengan tenaga yang cukup besar, dengan arah bola melebihi kepala pemain. Passing ini sangat efektif dan biasa digunakan untuk menghindari blocking yang dilakukan lawan. Passing ini termasuk passing jarak jauh, seperti passing yang dilakukan pada saat terjadi serangan balik sehingga bola bisa langsung sampai ke teman / rekan satu tim yang berada paling jauh di depan untuk mencetak angka. Passing ini juga memiliki keunggulan tersendiri karena ketinggian lemparan bola yang sulit dijangkau.


  2. Dribbling (Menggiring Bola)

    Adalah gerakan menggiring bola sambil memantulkan bola dengan menggunakan satu tangan, dribble boleh dilakukan baik dengan tangan kiri maupun tangan kanan. Jika dribble dilakukan dengan kedua tangan, maka pemain tersebut dinyatakan melakukan Foul (Double Dribble). Dribble juga menjadi salah satu skill yang menggambarkan karakteristik pemain, dimana dribble yang handal sudah pasti dimiliki oleh pemain dengan talenta memukau. Dribble termasuk cara paling efektif dalam menekan pertahanan lawan. Setiap pemain diperbolehkan membawa bola tanpa melakukan dribble Maksimal 2 langkah dan langkah ke-3 menjadi Foul (Travelling). Agar anda tidak kebingungan tentang Aturan Main Olahraga Bola Basket, simak juga :

  3. Shooting (Melempar Bola)

    Adalah gerakan melempar bola kearah ring lawan dengan tujuan mencetak angka / point, shooting bisa dilakukan baik dengan satu tangan maupun dua tangan, shooting juga memiliki 3 Nilai Pokok, yaitu 3 Point (untuk shooting yang masuk kedalam ring dan dilakukan didaerah tiga angka), 2 Point (untuk shooting yang masuk kedalam ring dan dilakukan didaerah tembakan dua angka / deffense area) dan 1 Point (untuk setiap Free-Trhow).  Shooting dapat dilakukan dengan berbagai macam gaya tembakan selama tidak melanggar aturan permainan. untuk lebih jelasnya simak juga artikel dibawah ini :


Nah setelah anda memahami tentang " Teknik Dasar Dalam Permainan / Olahraga Bola Basket " ini pastinya anda menjadi lebih bersemangat dan tidak sabar ingin segera mencoba tentunya.

Selamat mencoba, semoga dapat membantu dan bermanfaat tentunya.
Terimakasih, ...

0 comments:

Post a Comment

Centang Kotak [Beritahu Saya] Untuk Mengetahui Komentar Balasan, ...