Searching...
Thursday, July 2, 2015

Posisi Silinder Pemain Basket

6:12:00 AM
Olahraga bola basket memang sangat luar biasa mengasyikan untuk selalu diimainkan setiap hari, dimulai dari stamina ekstra, skill yang bervariasi, termasuk cara melakukan offense dan deffense semua dikemas secara rapi dan teratur. Tidak semua orang atau sembarang orang dapat memainkan olahraga basket dengan baik meski kelihatannya sangatlah mudah.

Dan yang paling sering ditemui adalah situasi dimana seorang pemain merasa kebingungan akan keputusan wasit saat pertandingan berlangsung, salah satu contoh yang sering membingungkan tersebut adalah antara offensive foul dan deffensive foul. Tak sedikit pemain yang melakukan protes karena mengganggap keputusan wasit adalah salah, namun setiap keputusan wasit tentulah sudah melalui pertimbangan yang matang dengan mengacu pada aturan permainan yang berlaku. Yang selalu menarik untuk dipahami adalah Posisi Silinder Pemain, jika seorang pemain telah memahami akan posisi silindernya, maka tidak akan ada lagi perdebatan dilapangan yang disebabkan karena gagal paham.

Tahukah Kamu Apa Itu Silinder Pemain Basket ???

Silinder Pemain adalah batasan (zona) pemain dalam melakukan Deffense maupun Offense, tujuan dari diterapkannya silinder pemain dalam pertandingan olahraga basket adalah untuk membuat atau mengamankan posisi pemain dari pertandingan yang keras atau kasar, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya cidera pada pemain dalam pertandingan.

Berdasarkan Ground Rules NBL Indonesia 2013 - 2014 Prinsip Silinder Pemain (Batasan) adalah :
  • Untuk bagian depan, batasnya adalah telapak tangan pemain.
  • Untuk bagian belakang, batasnya adalah bagian tubuh pemain paling belakang.
  • Untuk bagian samping, batasnya adalah sisi luar dari lengan dan lutut.


Silinder Pemain juga diterapkan dalam Prinsip Verticality, yang mana prinsip verticality ini adalah silinder pemain bagian atas. Prinsip Verticality Seorang Pemain adalah :
  • Silinder Pemain ditarik sampai keatas.
  • Seorang Pemain diperbolehkan bergerak bebas keatas sampai setinggi mungkin namun tetap berada dalam silinder pemain.


Dalam implementasinya Silinder Pemain sangatlah penting untuk dipahami baik dalam melakukan deffense maupun offense, seperti halnya 
  • Pemain dikatakan berada dalam posisi silinder yang sah apabila kedua telapak kaki menginjak tanah.
  • Penjagaan yang sah adalah penjagaan yang dilakukan dengan jarak silinder pemain minimal 1 langkah.
  • Pemain diperbolehkan bergerak bebas selama tempat belum terisi pemain lawan.
  • Pemain yang melakukan deffense diperbolehkan bergerak kesamping, keatas, maupun kebelakang dan berada dalam silindernya.
  • Pemain yang melakukan deffense tidak diperbolehkan bergerak kedepan hingga melebihi silindernya dan mengakibatkan deffensive foul.
  • Pemain yang melakukan offense dilarang memasuki silinder pemain bertahan dan dalam hal ini dikenakan offensive foul.


Itulah sekilas paparan tentang " Posisi Silinder Pemain Basket Dalam Pertandingan " ini yang dapat dipaparkan, dan semoga dapat menjadikan diri anda lebih termotivasi, jujur, sehat, dan sportif dalam bermain tentunya.

Demikian semoga dapat membantu dan bermanfaat tentunya.
Terimakasih, ...

1 comments:

Centang Kotak [Beritahu Saya] Untuk Mengetahui Komentar Balasan, ...